fbpx
reflecto
Biophilic Design: Saat Nuansa Alam Bertemu Kenyamanan
Biophilic Design: Saat Nuansa Alam Bertemu Kenyamanan

Desain biophilic adalah pendekatan terhadap arsitektur dan desain interior yang bertujuan untuk menghubungkan manusia dengan alam dengan menggabungkan elemen-elemen alami ke dalam lingkungan tempat tinggal. Istilah "biophilia," yang diciptakan oleh ahli biologi Edward O. Wilson, merujuk pada kecenderungan manusia yang bawaan untuk mencari hubungan dengan alam dan organisme hidup lainnya.

Desain biophilic berakar dalam penelitian ilmiah tentang manfaat paparan alam bagi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dengan mengintegrasikan elemen-elemen alami dan proses alam ke dalam lingkungan binaan, desain biophilic bertujuan untuk menciptakan ruang yang mendukung kesehatan fisik, mental, dan emosional.

Prinsip-prinsip desain biophilic bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan dan kesejahteraan manusia dengan memupuk hubungan yang kuat dengan alam. Ini dapat dicapai melalui berbagai strategi, ingin tahu detailnya? Reflecto mengumpulkan beberapa informasi tentang bagaimana menerapkan prinsip-prinsip desain biophilic untuk meningkatkan kenyamanan rumah, yuk lihat!

Cahaya Alam

Maksimalkan cahaya alami dalam suatu ruang dengan menggabungkan jendela besar dan skylight. Paparan sinar matahari telah dikaitkan dengan peningkatan suasana hati, produktivitas, dan ritme sirkadian. Tetapi harus ingat ya, terlalu banyak paparan sinar UV juga tidak baik. Jadi pastikan untuk melapisi jendela dengan kaca film yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Pemandangan Alam

Menyediakan pemandangan lanskap alami, seperti taman, taman kota, atau fitur air, dari dalam lingkungan tempat tinggal. Hubungan visual alami ini telah terbukti secara scientific dapat mengurangi stres dan meningkatkan fungsi kognitif pada penghuni rumah.

Tanaman Indoor

Menggabungkan tanaman hidup ke dalam ruangan dapat meningkatkan kualitas udara, mengurangi tingkat kebisingan, dan menciptakan rasa kehidupan. Tanaman juga dapat berkontribusi pada rasa nyaman dan hubungan dengan alam.

Bahan Alami

Menggunakan bahan-bahan seperti kayu, batu, dan bambu yang membangkitkan tampilan dan nuansa lingkungan alami. Bahan-bahan ini dapat menciptakan rasa hangat dan hubungan biophilic yang semakin erat. Ini bisa diterapkan pada bahan bangunan dan juga perabotan Anda, seperti: lantai, meja, bahkan sofa!

Whatsapp

consulting with us via Whatsapp.

Tokopedia

shop our products directly on Tokopedia.

share:


recent post :

The Importance of Color Palette in Interior Design
Pentingnya Colour Palette dalam Desain Interior
Meningkatkan Kenyamanan dan Gaya: Menjelajahi Kacafilm yang Luar Biasa