FAQ

1. Reflecto itu produk mana?        

Reflecto itu Technology dan dibuat di Jepang, dan masih fully impor dari Jepang. Di Indonesia kami hanya repacking saja menjadi kemasan kecil.


2. Harga Reflecto cool water proofing sangat mahal di banding waterproofing lain. harap di lihat table perbandingan di bawah


Karakter
Reflecto Cool Waterproofing
Water proofing biasa
Daya Sebar
1 kg -> 2 m2
1 kg -> 2 m2
Mencegah Retak
Yes
No
Jangka waktu pemakaian ulang
4 sampai 5 tahun
6 bulan sampai 1 tahun
Menghemat listrik dari AC
Yes
No
Perkiraan hemat PLN / thn / PK
Rp 2,300,000
Tidak ada 
Memberikan kenyamanan
Yes
No
  1. Untuk kemasan Reflecto Cool Waterproofing terlihat mahal, tetapi jika dibandingkan dengan waterproofing perlu di bagi 2, karena daya sebar Reflecto Cool Waterproofing 2 x lipatnya waterproofing biasa.
  2. Umumnya Water proofing biasa memerlukan perbaikan atau cat ulang setiap 6 bulan sampai 12 bulan yang disebabkan oleh retak, tetapi karena Reflecto bisa mencegah terjadinya retak (yang disebabkan oleh Thermal expansion) perbaikan rutin setiap tahun bisa di hindari.
  3. Dengan kemampuan Reflecto mengurangi panas yang masuk kedalam bangunan akan membantu mengurangi pemakaian compressor AC. Compressor AC akan bekerja sedikit di banding biasanya jika suhu ruangan sama seperti sebelumnya. Dengan ini penghematan AC akan terjadi sekitar 50% biaya AC dan AC otomatis akan lebih awet.
  4. Jika AC anda kurang dingin pada sebelumnya, daripada menambah AC, Reflecto bisa dengan mudah untuk mengurangi suhu.
  5. Jika setiap pemakaian Reflecto bisa menurunkan suhu atau listrik untuk 1 tahun saja, biaya Reflecto bisa kembali dari penghematan AC saja.
  6. Dengan investasi sedikit lebih mahal, anda akan mendapatkan : 
  •    Irit dan hemat AC dan biaya PLN
  • Tidak pusing cari tukang setiap tahun untuk perbaikan retak dan waterproofing
  • Kulit dan kesehatan akan lebih baik dengan berkurang nya AC
  • Bangunan rumah akan lebih sehat karena tidak kena UV yang merusak.


3. Bagaimana Reflecto bisa mencegah retak? 

Sebelumnya akan kami jelaskan berbagai macam retak dan kenapa terjadi retak.

  • Retak Rambut – Bisa dibantu cegah oleh Reflecto
  • Retak Thermal Expansion – Bisa dibantu cegah oleh Reflecto
  • Retak Struktur – Tidak bisa dibantu cegah oleh Reflecto
  • Retak Fondasi – Tidak bisa dibantu cegah oleh Reflecto

RETAK RAMBUT – terjadi jika cuaca panas terik dan dalam seketika terjadi hujan (Thermal Shock). Pada terik matahari, semua bahan, termasuk tembok/dak, memuai panjang. Tiba tiba terjadi hujan dimana seluruh dak/tembok yang sedang memuai, pada permukaan saja terjadi susut. Berarti permukaan (susut) dan badan/dalam (memuai panjang) mendapatkan situasi dengan volume yang berbeda dan salah satu harus mengalah. Dengan mengalah nya si permukaan oleh susut, terjadilah retak rambut. Retak rambut akan terlihat lebih nyata setelah beberapa kali terjadi Thermal Shock seperti di atas.

RETAK THERMAL EXPANSION – terjadi karena disetiap dak/tembok pastinya ada semen dan besi beton. Jika terjadi panas terik, semen dan besi terjadi pemuaian. Tetapi besi akan muai jauh lebih panjang daripada semen, dan akan mendorong semen jika terjadi pemuaiaan. Pada awalnya waktu semen masih baru dan dengan campuran yang benar, biasanya retak tidak terjadi karena kekuatan semen masih bagus. Tetapi dengan dimakannya oleh waktu dan sinar UV, semen akan melemah dan terjadilah retak thermal expansion ini.

Dua tipe retak diatas bisa dihindari oleh Reflecto karena tembok/dak tidak panas atau tidak mengalami pemuaian yang berlebihan. Sekalian juga tembok/dak terhindar dari sinar UV yang merusak


4. Apa konsep Reflecto ??? 

Pada siang hari, AC akan bekerja keras untuk membuang panas yang masuk dari matahari, Reflecto memblokir panasnya matahari masuk ke Ruangan AC, dengan ini AC hanya perlu membuang panas yang berasal dari Ruang dalam (seperti orang maupun alat elektronik)


5. Dengan kondisi apa Reflecto bisa menurunkan suhu sd 9C ?? 

  • Sudah pastinya atap dan tembok perlu dicoating oleh Reflecto, dan untuk mencapai perbedaan 9C dari kondisi sebelumnya sangat tergantung terhadap material yang dipakai.
  • Pada umumnya kalau bangunan atap besi/Zinc bisa turun mencapai 9C, atap dak beton bisa turun mencapai 7C dan genteng keramik maupun asbes bisa turun mencapai 5C pada saat sinar matahari lagi terik. Penurunan tersebut adalah perbandingan antara memakai coating Reflecto dan tanpa
  • Akan tergantung sekali dengan desain rumah. Apakah banyak tembok yang menghadap Barat, apakah banyak kaca, tebal tipisnya tembok/dak dll.


6. Kenapa Reflecto bisa mencegah retak rambut ?? 

  • Pada umumnya retak rambut banyak terjadi pada saat musim hujan ini. Pada pagi dan siang hari cuaca biasanya cerah dan Panas Matahari menyinari tembok dan dak beton. Permukaan tersebut bisa mencapai suhu 60°C, tetapi dengan seketika cuaca bisa berubah menjadi hujan. Suhu permukaan tersebut dengan cepat menjadi 30°C atau kurang. Thermal shock terjadi karena penurunan suhu drastis, dan tembok/ dak beton memuai dengan akibat retak rambut. Retak tersebut menjadi sumber kebocoran properti anda. In General hairline cracks formed during this rainy season.
  • Dengan Reflecto menjaga supaya suhu pada saat panas tidak naik terlalu banyak, sehingga tidak terjadi penurunan suhu drastis / thermal shock. Reflecto juga memiliki sifat insulasi, sehingga memastikan tidak ada perubahan suhu yand drastis. Reflecto mencegah terjadi retak rambut di kemudian hari dan menutupi retak rambut yang ada untuk mencegah kebocoran.


7. Apa it Self Cleaning? 

Kebanyakan tembok dan atap tidak banyak yang berani memakai warna putih karena sulit merawat kebersihannya. Itu dikarenakan oleh putih sangat cepat untuk kelihatan kotor. Dengan self cleaning kotoran alamiah (seperti debu, cipratan air dan tali air yang hitam) di tembok, genteng, spandek dan dak tidak akan menempel. Air hujan yang tadinya biang kotor menjadi sahabat, karena hujan lah yang akan membersihkan kotoran tersebut.


8. Bagaimana performance Reflecto dengan bahan insulasi yang lain ?? 

  • U-Valuenya Reflecto mencapai U=0.0019W/m2.K, atau sama dengan Polyurethane ketebalan 4cm dengan density 35kg/m3. Hasil ini tercapai dengan mengukur jumlah tenaga matahari yang masuk dibandingkan dengan polyurethane.
  • Bila dibandingkan dengan Aluminium air bubble, bisa dilihat langsung di video link ini: https://youtu.be/oidZnMezNxU
  • Bila dibandingkan dengan Glass Wool, bisa dilihat langsung di video link ini: https://youtu.be/KePKjcYe7aM


9. Apakah berarti dengan Reflecto tidak perlu menggunakan insulasi lain lagi ?? 

Menambahkan insulasi lain akan pasti lebih dingin, tetapi mungkin efficiency nya yang berbeda. Silahkan lihat video link ini: https://youtu.be/oidZnMezNxU


10. Apakah dengan Reflecto ruangan saya bisa mencapai 22C, dan tidak memerlukan AC lagi ?? 

  • Reflecto bukan pendingin aktif konvensional dan bukan pengganti AC.
  • Reflecto hanya memantulkan cahaya matahari, suhu ruang bisa turun seperti kalau anda berteduh dibawah pohon rindang.
  • Contoh Simulasi:



Ruang tanpa Reflecto
Ruang dengan coating Reflecto
Suhu pada siang terik matahari tanpa AC
39C
33C
Jumlah AC yang diperlukan untuk mencapai 22C
4 PK
2 PK


11. Atap kami memakai spandex/Zinc Allum apakah bisa memakai Reflecto? 

Untuk Genteng Spandex/Zinc Allum, solusi Reflecto memberikan banyak fungsinya, seperti:

  1. Genteng Spandex setelah 15-20 tahunbiasanya mulai berkarat. Jika genteng spandex/Zinc Allum terlapisi  Reflecto, Genteng tidak terkontaminasi oleh hujan dan oksigen yang menjadi penyebab karat.  
  2. Bocor biasanya terjadi dalam waktu 1 sd 2 tahun. Genteng spandex pada siang hari bisa mencapai 60C sedangkan malam pada suhu 30C, berarti expansi dan memuai nya karena thermal shock menyebabkan pergerakan yang cukup untuk membuat lubang terutama di lokasi baut. Tetapi dengan Reflecto thermal shock berkurang jauh, suhu genteng spandex menjadi 40C pada siang dan malam 30C, expansi thermal shock sangat kecil di tambah karakter Reflecto yg mengaret.
  3. Pada saat hujan, suara hujan sangat ribut. Jika terlapisi oleh Reflecto yang elastis, suara akan lebih teredam dan turun sekitar 30% sd 40% db.
  4. Yang lebih penting lagi untuk genteng existing Spandex, jika pada saat aplikasi genteng tidak perlu dibongkar (tidak seperti insulasi).


12. Bagaimana cara aplikasi Reflecto coating? 

  • Reflecto adalah coating yang diaplikasikan pada luar bagunan memakai semprotan dengan tekanan tinggi.
  • Paling efektif adalah genteng atau atap, setelah itu bagian tembok yang terexpose ke arah barat dan terakhir tembok arah lain.
  • Aplikasi Reflecto oleh ahli kami, karena perlu terukur ketebalannya dan dengan tekanan tertentu untuk mendapatkan hasil yang optimal.


13. Apakah reflecto akan lebih efektif kalau aplikasinya lebih tebal? 

img-1515947727.jpg

Rekomendasi coating adalah tipe Reflecto 250  micron, karena melihat performa dan garansi.


14. Kenapa memakai kata “mendinginkan ruangan sd 9C” toh Reflecto tidak punya mesin pendingin? 

  • Kami memakai kata2 “mendinginkan ruangan sd 9C dengan cara memantulkan sinar matahari” ini adalah konsep baru dan tidak bisa dibandingkan dengan AC. Konsep ini adalah: bahwa pada siang hari tugas utama AC adalah membuang panas matahari, kalau bisa mencegah masuknya panas matahari, AC tidak perlu sekian banyak/besar PK nya.
  • Waktu kami menjalani percobaan dikantor, tanpa Reflecto ruangan tersebut diatas 42C, setelah  coating Reflecto turun menjadi 35C. Keadaan saat itu, matahari Terik Suhu 50C dan Suhu ambient teduh adalah 34C.
  • Waktu kita menjalankan percobaan, dalam 2 kotak Cabinet listrik kosong. Tanpa Reflecto suhu ruang 45C dan suhu atap 52C, dengan Reflecto 36C dan suhu atap 42C. Kondisi suhu ambient teduh 34-35C dan suhu ambient Matahari 48-50C.


15. Kenapa pemakaian listrik bisa menghemat sampai tinggi begitu kalau hanya dari matahari? 

  • Karena tembok bata/besi dan genteng kita hanya bisa mengurangi panas tetapi tidak bisa menahan radiasi infra rednya matahari secara efektif.
  • Panas matahari adalah 1400W/m, setelah disaring oleh tembok/genteng biasanya turun menjadi sekitar 700W/m2 sd 1000W/m2. Sedangkan AC 1PK mendinginkan dengan cooling capacity 2600W.


16. Kenapa ambient dengan sinar matahari dan ambient teduh berbeda jauh? 

  • Komposisi matahari adalah infra red 60%, panas 37% dan UV 3% (yg merusak warna).
  • Panas hanya 37% dibanding sinar infra red yg 60%.


17. Fungsinya Reflecto terhadap matahari bagaimana? 

  • Reflecto memantulkan infra red dan UV dengan efektif, karena belum ketemu standar maupun lab, pengujian lab kami (dengan mengunakan lampu infra red dan UV) bisa memantulkan infra red dan UV diatas 90%.
  • Untuk panas matahari, itu adalah yang kami sebut ambient teduh karena panas tidak membentuk sinar tetapi membaur dengan udara. Perihal ini, Reflecto mengunakan karakter emisivity nya. Berarti kalau ada angin, panas yang menempel di Reflecto akan lebih cepat terbuang.


'18. Kalau kami tidak suka dengan warna putih bagaimana? 

  • Sekarang ini kami punya 7 warna: Putih, Cream, abu muda, Teracota, Tile Grey, Dark Brown, dan Tile Red.
  • Cara aplikasi untuk warna selain putih.
  1. Putih akan kami coating 150 sd 175 micron.
  2. Setelah itu, warna akan kami tambahkan dengan 50 sd 75 micron. Menjadi total 200 sd 250 micron.


19. Garansi 6/10 tahun dengan kondisi bagaimana? 

  • Garansi ini meliputi bahwa coating kami tidak mengelupas yang dikarenakan oleh Reflecto.                       

            i. Contoh yg tidak digaransi.

                     1.Dinding retak, menyebabkan terkupas dari dalam yg lembab.

                     2.Acian lepas.

                     3.Karatan besi, dikarenakan ada yang tergesek.


20. Kenapa performance terhadap pantulan tidak tergaransi? 

  • Sampai hari ini, belum ada alat yang terjangkau yang bisa mengukur persentase pantulan cahaya.
  • Setiap tahun, suhu naik antara 0.5 sd 1C akan sulit sekali membuktikan dengan satu factor penting yang tidak stabil.
  • Ceramic adalah satu bahan yang sangat stabil dan tidak mudah berubah fisiknya.


21. Apakah akan menambah Efek Rumah kaca? 

Semua yang dipantulkan akan menimbulkan Efek Rumah Kaca, tetapi di banding dengan AC tidak ada artinya. AC efek rumah kaca dari Freon, Listrik, compressor panas dll.


22. Apakah ada solusi untuk kaca? 

Ada, silahkan lihat Reflecto Glass.